Jumat, 05 Mei 2017

Bahaya wadah tempat makanan plastik yang tidak standart

Wadah/tempat makanan plastik yang tidak standart, mari coba simak sedikit penjelasan dibawah ini. 

1. Pada wadah makanan yang tidak standart tidak ditemukan simbol segitiga “plastic recycle” yang ditengah segitiganya terdapat angka 4/LDPE (Low Density Polyethylene) atau 5/PP (Polypropylene) yang menandakan bahwa wadah ini aman untuk dijadikan wadah makanan yang dipakai dalam jangka panjang, berulang dan tahan dengan makanan-makanan panas.
                  



2. Adapun tempat yang seharusnya dipakai sebagai wadah/tempat makanan yang dapat dipakai dalam jangka panjang, berulang dan tahan dengan makanan-makanan panas adalah wadah yang pada plastiknya terdapat symbol segitiga “plastic recycle” yang ditengah segitiganya terdapat angka 4/LDPE (Low Density Polyethylene) atau 5/PP (Polypropylene). Plastik yang memiliki symbol segitiga “plastic recycle” yang ditengah segitiganya terdapat angka 5/PP (Polypropylene) adalah merupakan wadah tempat makanan yang terbaik untuk dipakai dalam jangka panjang, berulang dan aman dengan makanan-makanan panas. Plastik wadah makanan jenis ini dapat ditemukan pada tempat makanan berbagai merk seperti: Lion Star, Lock n Lock, Tupperware dll. Berikut salah satu contoh tempat makanan yang ada symbol segitiga “plastic recycle” yang ditengah segitiganya terdapat angka 5/PP (Polypropylene).

    

3. Plastik memiliki klasifikasi sesuai peruntukan nya dan diberikan symbol lambang segitiga “plastic recycle” untuk memudahkan konsumen dalam penggunaan nya, berikut pembagian plastik secara general sesuai dengan peruntukan nya. 


Adanya pembagian warna tersebut diatas menandakan bahwa yang warna kuning dengan angka 1 dan 2 dianjurkan hanya untuk sekali pakai saja, kemasan ini ditemukan pada kemasan-kemasan botol air mineral plastik. Yang berwarna merah dengan angka 3, 6 dan 7 biasanya digunakan untuk indusrialisasi, chemical dll, plastik ini berbahaya bila digunakan sebagai wadah makanan. Yang berwarna hijau adalah yang aman sebagai wadah makanan jangka panjang dan berulang, dimana pilihan yang terbaik adalah yang angka 5.

4. Bahaya penggunaan wadah plastik yang tidak sesuai untuk makanan terhadap kesehatan sangat beragam mulai dari mual-mual, pusing, muntah dll. Penggunaan wadah plastik yang tidak sesuai untuk makanan dalam jangka waktu yang panjang dapat menyebabkan cancer. 

5. Berdasarkan informasi ini, bila kita menememukan plastik wadah/tempat makanan yang tidak memiliki simbol sama sekali, kita menjadi tidak dapat mengidentifikasi peruntukan plastik tempat makanan tersebut. Semoga kita dapat lebih bijak dalam menggunakan wadah tempat makanan plastik untuk kesehatan kita dan keluarga. 

Semoga dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih. 

Created by: Dr. Budiman Simangunsong

Tidak ada komentar:

Posting Komentar